7 Tips Membuat Mind Map

by - 1/02/2014

     Apa itu Mind Map? Tidak banyak orang yang mengetahui tentang apa itu mind map dan apa kegunaannya. Ada banyak definisi tentang mind map, menurut Wikipedia, mind map adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara stimulan.
    
 Nah, berdasarkan pengertian tersebut, konsep mind mapping sangatlah bagus bila diterapkan dalam belajar. Melalui mind mapping belajar jadi terasa tidak monoton dan membosankan. Anda bisa berkreasi sesuai keinginan anda. Jadi, belajar jadi lebih menyenangkan dan mudah diingat. Berikut adalah tujuh tips membuat mind map:   
  1. Mulailah dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakan horizontal. Mengapa? Karena memulai dari tengah memberi kebebasan kepada otak untuk menyebar ke segala arah.      
  2. Gunakan gambar atau foto untuk ide sentral Anda. Mengapa? Karena sebuah gambar dapat menggambarkan seribu kata dan membantu Anda menggunakan imajinasi.     
  3.  Gunakan warna. Mengapa? Karena bagi otak, warna sama menariknnya dengan gambar. Warna dapat membuat mind map lebih hidup.      
  4. Buatlah cabang-cabang dari gambar pusat. Mengapa? Karena otak bekerja menurut asosiasi. Otak senang mengaitkan dua atau tiga atau empat hal sekaligus. Bila Anda menghubungkan cabang-cabang Anda akan lebih mudah dalam mengingat.      
  5. Buatlah garis hubung yang melengkung, bukan lurus. Mengapa? Karena garis lurus akan membosankan otak.      
  6. Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis. Mengapa? Karena setiap kata tunggal akan lebih bebas dan lebih memicu ide dan pikiran baru.              7. Gunakan gambar disetiap cabangnya. Mengapa? Karena seperti gambar sentral, setiap gambar bermakna seribu kata. Jadi, bila kita hanya mempunyai 10 gambar didalam mind map, menurut penelitian, itu sudah setara dengan 10.000 kata catatan.



Jadi, yuk buat belajar lebih menyenangkan dengan Mind Map!

You May Also Like

0 komentar