Pidato Cinta Produk Dalam Negri

by - 1/02/2014

Selamat pagi dan salam sejahtera kepada kita semua.
Yang terhormat, Ibu Guru (bisa diganti dengan namanya),
Serta teman-teman sebangsa dan setanah air yang saya cintai.
Puji Syukur saya ucapkan kepada Tuhan YME atas segala berkat dan karunia-Nya. Saya berterima kasih kepada ibu Guru yang telah menyelenggarakan acara ini. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih juga kepada teman-teman yang telah mendukung, sehingga acara ini bisa terselenggara.
Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato tentang dampak perdagangan internasional. Sebelumnya saya akan mengingatkan kembali tentang apa itu perdagangan internasional? Perdagangan internasional adalah suatu kegiatan transaksi atau tukar-menukar barang atau jasa antarnegara melalui kegiatan ekspor dan impor. Ekspor adalah menjual barang/jasa ke luar negri. Sedangkan impor adalah membeli barang/jasa dari luar negri. Saya rasa, kalian semua pasti sering mendengar istilah ekspor dan impor.
Ibu Sri Natalis dan teman-teman sekalian, manfaat terjadinya perdagangan internasional bagi Indonesia diantaranya:
1      - Mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi
2      -Meningkatkan pendapatan Negara (devisa)
3      -Memperluas lapangan pekerjaan
4      -Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
5       -Dan meningkatkan kualitas produksi
Jika ada manfaat, tentu ada kerugian. Kerugiannya terjadinya perdagangan internasional bagi Indonesia diantaranya:
1.       -Kelangsungan hidup produk dalam negri terancam
2.       -Menyempitnya pasar produk dalam negri
3.      -Hancurnya industry dalam negri
4.      -Meningkatnya pengangguran
5.      -Dan menimbulkan sifat konsumtif
Kerugian tentu harus diminimalisir semaksimal mungkin. Cara yang termudah namun sulit untuk dilakukan adalah sebisa mungkin membeli produk dalam negri. Kita ambil 1 contoh membeli sayuran maupun buah-buahan, saya yakin sebagian besar kalian tentu sering membeli sayuran/buah impor, padahal jika difikir, kualitas sayuran/buah dalam negri lebih sehat, karna tidak mengandung pengawet, selain itu harganyapun lebih murah.
Tadi saya telah menyebutkan bahwa perdagangan internasional melalui ekspor dapat meningkatkan kesejaheraan masyarakat. Jika kalian ingin Indonesia lebih sejahtera, jangan hanya menuntut pemerintah untuk memenuhi semua tuntutan-tuntutan yang kalian buat. Tetapi kalian harus berbuat. Pikir 2 kali, sebelum kalian membeli barang impor. Jangan dibeli, apabila barang itu tidak terlalu dibutuhkan dan masih bisa diproduksi oleh dalam negri. Hal kecil menuju Indonesia yang lebih baik.
CINTAI PRODUK DALAM NEGRI! 100% INDONESIA!

Sekian dari saya. Terimakasih atas perhatiannya. Selamat pagi

You May Also Like

2 komentar