LAPORAN KEGIATAN BULAN RAMADHAN (JENIS FORMAL)

by - 7/30/2014


LAPORAN KEGIATAN SELAMA BULAN RAMADHAN
OLEH: CHRISTY RAINA SEPTININGRUM MAMESAH (SISWA SMAN10 SAMARINDA)

BAB I
      A.    Pendahuluan
Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Suatu momen dimana umat muslim di seluruh dunia harus menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Ibadah puasa ini dilaksanakan selama ±6-7 jam sehari. Saya beragama non-muslim, yaitu Kristen Protestan sehingga saya tidak mengikuti ibadah puasa ini tentunya. Tapi sebagai agama mayoritas di Indonesia, Islam tentunya akan banyak membawa dampak pada bulan ramadhan ini. Contohnya saya libur sekolah. Sekolah saya, SMAN10 Samarinda meliburkan siswanya mulai dari tanggal 26 Juni-2 Agustus 2014 dalam rangka kenaikan kelas dan libur bulan ramadhan tentunya, ya waktu yang cukup lama untuk bersantai di rumah melepas penat seusai Ujian Sekolah. Di Indonesia sendiri memang, libur untuk bulan ramadhan memang tergolong libur paling lama dibandingkan libur hari raya lainnya.
Saya yang beragama non-muslim tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan libur panjang ini. Untuk itu, saya membuat sebuah laporan kegiatan selama bulan ramadhan ini untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh SMAN 10 Samarinda sebagai tugas di bulan ramadhan. Saya sangat berterima kasih kepada sekolah saya, yang telah memberikan tugas selama liburan ini. Sehingga, saya memiliki sebuah tanggung jawab yang harus diselesaikan. Liburan saya kali ini tentu saja tidak hanya untuk bersenang-senang dan berleha-leha saja. Karna masih ada tugas yang menunggu.
Saya sebagai penulis memohon maaf apabila laporan kegiatan yang saya buat ini masih memiliki kekurangan maupun salah kata dalam penulisannya. Untuk itu saya menerima kritik dan saran yang membangun untuk laporan kegiatan saya ini.
            Akhir kata, semoga laporan kegiatan ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

      B.     Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan saya melakukan kegiatan selama bulan ramadhan ini adalah:
1.      Mengisi waktu luang selama bulan ramadhan
2.      Menambah wawasan selagi berlibur
3.      Mempererat silahturahmi dengan teman lama

      C.     Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan yang saya lakukan di bulan ramadhan ini tentunya selama diberikan libur oleh sekolah, yaitu tanggal 26 Juni-2 Agustus 2014. Dan kegiatan ini bertempat di kota saya, Balikpapan.


BAB II
      A.    Kegiatan Keseharian
Adapun beberapa kegiatan keseharian saya selama saya berada di rumah untuk mengisi waktu luang saya, yaitu:
1.      Belajar Memasak
Memasak adalah salah satu kegemaran saya. Pada saat berada di asrama saya tidak bias menyalurkan kegemaran saya ini karena semua makanan sudah tersedia. Jadi momen libur panjang ini tidak saya sia-siakan untuk lebih memperdalam kegemaran saya ini. Saya belajar memasak melalui Mama saya, internet, maupun buku-buku resep milik Mama saya. Karena kebetulan Mama saya juga memiliki kegemaran yang sama. Saya sudah berhasil memasak ayam goreng tepung, soup ayam, tofu, sosis bumbu spaghetti, pudding Kristal buah, dsb.

Puding Kristal Buah

2.      Aktif di social media
Social media kini tak lepas dari genggaman anak remaja seperti saya ini. Setiap hari saya selalu update di social media, seperti twitter, ask.fm, facebook, blogger, sound cloud, maupun instagram. Hal ini saya lakukan agar saya selaluup to date dengan berita-berita terkini. Saya juga sering membuka kompas.com, dimana saya dapat mengetahui informasi terbaru secara cepat dan gratis tentunya. Anak muda kini harus aktif dalam bergaul.

Berbagai Social Media


3.      Membaca buku
Kesempatan libur kali ini tentu tidak akan saya sia-siakan begitu saja. Tentu saya akan mengisi liburan saya dengan sesuatu yang bermanfaat. Membaca buku, ya buku adalah jendela dunia. Saya senang membaca buku. Ketika saya membaca buku, saya merasa bias menemukan hal-hal yang baru yang belum saya ketahui sebelumnya. Saya suka membaca buku-buku pengetahuan, biografi, maupun buku motivasi dari berbagai pengarang.

Membaca buku

4.      Membersihkan rumah
Anak perempuan seperti saya, tentu dituntut untuk bisa rapi dan bersih. Membersihkan rumah merupakan hal yang awam bagi anak perempuan. Selain mampu membantu orang tua tentunya, membersihkan rumah juga baik bagi kesehatan. Apabila rumah bersih, kan juga akan enak dipandang. Ada pepatah mengatakan kebersihan pangkal kesehatan. Ya, saya akan menerapkan pola hidup bersih dan sehat tentunya.

Membersihkan rumah bersama

5.      Berolahraga kecil
Olahraga tentu penting bagi kesehatan. Apalagi saya masih berjiwa muda, seharusnya masih harus sering berolahraga agar tubuh tetap sehat dan kuat untuk menjalani aktifitas. Olahraga kecil seperti berlari disekitaran rumah juga berguna tentunya. Walaupun ini libur, tidak ada alas an untuk tidak berolahraga ya!

Berlari

      B.     Kegiatan di Waktu Tertentu
Kegiatan di waktu tertentu disini dimaksudkan sebagai kegiatan yang saya lakukan diluar rutinitas saya (kegiatan yang tidak biasa saya lakukan). Kegiatan ini umumnya saya lakukan diluar rumah. Berikut adalah beberapa kegiatannya:
1.      Buka puasa bersama teman-teman
BukBer (Buka Bersama) merupakan hal yang tidak asing pada saat bulan ramadhan seperti ini. Dimana kita bisa bertemu dengan teman-teman untuk buka puasa bersama. Ini adalah momen yang pas untuk kumpul-kumpul bersama teman-teman. Pada bulan puasa kali ini saya mengikuti bukber sebanyak 5 kali. Pertama, Bukber bersama SWAT Balikpapan, SWAT adalah kepanjangan dari Seventeen Work as A Team; SWAT adalah angkatan saya di SMAN10 Samarinda di Tako Suki Balikpapan Trande Center. Kedua, Bukber bersama sahabat-sahabat saya di Pizza Hut E-walk BSB. Ketiga, Bukber bersama ECO (Eibisi-Classico) yaitu teman-teman sekelas saya sewaktu kelas 8&9 SMP di Cobek Gunung Malang. Keempat, Bukber bersama teman dekat di Solaria Balikpapan Trade Center. Dan yang terakhir, Bukber bersama teman lama saya di kediaman rumahnya di Inpres III. Saya sarankan, jika ingin mengadakan buka bersama diluar, jangan lupa untuk memesan tempat terlebih dahulu ya. Jangan sampai nanti malah kehabisan tempatnya.

Bukber ECO

2.      Perawatan tubuh
Liburan kali ini saya sempatkan untuk melakukan perawatan kepada tubuh saya. Baik perawatan rambut, wajah, maupun badan. Untuk perawatan rambut, saya sekedar melakukan creambath maupun merapikan rambut saya di salon Johny Andrean Balcony City Balikpapan. Karna rambut adalah mahkota dari wanita, tentu saya juga harus menjaga kebersihan dan kesehatan rambut saya. Sedangkan, untuk perawatan badan dan wajah saya melakukannya di rumah saja. Perawatan wajah dengan menggunakan masker, saya mencoba sebuah masker tradisional yaitu masker putih telur. Dan ternyata hasilnya juga cukup memuaskan. Dan untuk perawatan badan saya menggunakan lulur yang dibuat dari irisan buah bengkuang agar lebih alami dan tradisional.

Masker putih telur

3.      Jalan-jalan bersama keluarga
Kesempatan libur panjang kali ini saya meluangkan waktu banyak bersama keluarga. Untuk itu, saya dan keluarga memutuskan untuk pergi berenang di Bukit Damai Indah Swimming Pool. Kebetulan sekali, karna ini bulan ramadhan kolam renang menjadi lebih sepi dari biasanya sehingga saya dan keluarga lebih menikmati suasana seperti ini. Selain pergi ke kolam renang, saya dan keluarga juga menyempatkan diri untuk pergi ke pantai Heliped, Manggar, dan Kemala Beach. Seru sekali bisa menikmati angin sepoi-sepoi khas pantai ditemani dengan es kelapa muda. Hm…segarnya. Tentu tidak lupa juga untuk mengabadikan momen di pantai seperti ini.

Foto bersama mama

4.      Bersilahturahmi ke rumah guru dan teman
Bulan ramadhan identik dengan merayakan hari kemenangan, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Pada hari raya idul fitri ke-3, saya dan 14 orang teman saya lainnya berkunjung kerumah Graini, Nida, dan Puput. Tentunya karena kami diundang untuk datang berkunjung. Menyenangkan sekali bisa berkumpul dan bercanda bersama. Setelah itu kami berkunjung ke rumah guru SMP kami, yaitu kediaman rumah Bu Eni. Bu Eni adalah wali kelas 9 SMP saya. Seperti kembali ke masa-masa itu. Senang sekali.

Berkunjung ke rumah Puput

5.      Berbelanja
Lebaran identik dengan diskon besar-besaran. Oleh karena itu saya tidak mau melewatkan kesempatan ini untuk ikut berbelanja. Saya berbelanja di Matahari Department Store Balikpapan, Hypermart Balikpapan, maupun Ranch Market Balikpapan. Senang sekali bisa mendapat berbagai barang diskon dengan kualitas yang tetap nomor satu.

Berbelanja 



BAB III
A.    Penutup
Demikian laporan kegiatan ini saya tulis sesuai dengan kenyataan yang saya jalani, tanpa ada rekayasa sedikit pun. Mohon maaf apabila ada point yang saya tidak beri gambar, karena saya tidak sempat untuk didokumentasikan.
Semoga laporan kegiatan ini bisa dapat bermanfaat dan dipergunakan sebagai mana mestinya.
Akhir kata saya mengucapkan terima kasih dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1435 H bagi yang merayakan, mohon maaf lahir dan batin. 

You May Also Like

3 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. puasa di bulan ramadhan di mulai dari jam setengah lima subuh sampai dengan pukul 6 sore hari, jadi tootal 13 setengah jam berpuasa. bukan 6-7 jam. mau ralat itu aja sih.

    terima kasih

    BalasHapus