Jokowi Sang Teladan Pemimpin Masa Kini

by - 8/01/2014

      HALOOO. Kembali lagi bersama saya, Christy. Kali ini saya akan membagikan tugas liburan selama bulan ramadhan saya. Terimakasih kepada SMAN10 Samarinda yang telah memberikan saya tugas ini sehingga saya lebih banyak wawasan. Berhubung saya non-muslim, jadi saya tidak mengangkat tema tentang ramadhan. No problem kan? Berhubung sekarang topik hangat selain bulan ramadhan adalah pemilihan presiden, jadi saya mengambil tema ini. Tetapi saya kali ini akan membuat essay tentang salah satu tokoh di pemilihan presiden ini. Siapa beliau? Beliau adalah pemenang presiden terpilih hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum. Yup, Bapak Joko Widodo.
      Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi adalah pria kelahiran 21 Juni 1961 yang namanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Jokowi adalah calon presiden nomor urut 2 pada pemilihan presiden periode 2014-2019 mendatang. Bersama wakilnya: Jusuf Kalla, beliau mencalonkan diri dalam pemilihan presiden&wakil presiden yang baru, menggantikan Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Pak Boediono.
      Melihat kepemimpinan di Indonesia kini, saya rasa Pak Jokowi sangat pantas dijadikan teladan dalam memimpin bangsa ini.  Para pemimpin Indonesia saat ini termasuk penjabat Negara, Walikota, Bupati, Gurbernur,  dan Para Mentri kebanyakan hanya menawarkan janji belaka tanpa disertai adanya bukti di lapangan. Pada saat berkampanye mereka menyuarakan program-program yang pro rakyat, tetapi saat sudah terpilih mereka seperti kacang lupa kulitnya. Mereka lupa untuk siapa dan karena siapa mereka bisa seperti sekarang ini. Kita lihat saja, banyak para pejabat Negara itu hidup dalam hedonisme dan kemewahan dari hasil uang rakyat yang mereka gunakan untuk kepentingan pribadi. Seakan mereka berada diatas angin dan begitu saja lupa dengan janji yang mereka berikan.
      Jokowi memulai kiprah dalam dunia politik saat ia dicalonkan menjadi Walikota Solo, pria kelulusan UGM jurusan pangan&pertanian ini dengan mudahnya mengambil hati masyarakat Solo. Dan alhasil beliau terpilih menjadi Walikota Solo. Sejak Jokowi menjadi Walikota Solo, beliau mulai mendapat sorotan media massa baik cetak maupun elektronik karena gaya kepemimpinannya yang tidak biasa seperti pemimpin yang lainnya. Gayanya yang sederhana dan tidak neko-neko mampu membuat masyarakat Solo langsung jatuh cinta kepada Walikotanya kala itu. Jokowi yang identik dengan baju kotak-kotaknya membuat tren baru bagi masyarakat Indonesia. Salah satu surat kabar menyatakan bahwa Jokowi pagi-pagi benar sudah datang ke kantor, setelah itu dia sering menghilang begitu saja. Tetapi ternyata menghilang untuk menyusuri kota Solo. Ya, blusukan merupakan cirri khas Jokowi. Blusukan adalah cara Jokowi untuk datang langsung ke tempat-tempat masyarakat, seperti pasar, pemukiman, dll untuk mengetahui permasalahan secara langsung. Atau bisa kita sebut Jokowi langsung turun ke lapangan untuk mengetahui pokok permasalahan yang ada. Tidak seperti para pemimpin lain yang kerjanya hanya duduk di kantornya saja. Jarang sekali kita dapat temukan seorang Walikota langsung turun ke lapangan. Jokowi adalah walikota Solo yang telah memberikan contoh dalam kinerja untuk turun langsung di hadapan rakyatnya dan berdialog untuk mendengarkan keluh kesah rakyatnya, sehingga bisa membuat kebijakan yang langsung menyentuh kepentingan mereka. Inilah yang langsung menjadi sorotan publik. Jokowi seorang pribadi yang kreatif, responsif, merakyat dan tentu saja disenangi masyarakat. Bagi masyarakat kota Solo sendiri, kredibilitas dan kapabilitas Jokowi sudah tidak mereka ragukan lagi. Sebab Jokowi sudah kedua kalinya dipilih sebagai Walikota Solo. Yang signifikan dari keterpilihannya yaitu suara rakyat Solo yang diberikan kepada Jokowi dalam Pilkada periode kedua, nyaris sempurna. Yaitu mencapai 96%.
      Sosok Jokowi membawa perubahan bagi bangsa Indonesia ditengah para pemimpin bangsa yang hidup hedonisme dan materialisme. Sifat dan karakter Jokowi harus dijadikan contoh bagi para pemimpin bangsa. Model kepemimpinan Jokowi merupakan dambaan masyarakat Indonesia sekaligus memberikan harapan dimana ternyata masih ada sosok pemimpin bangsa yang mampu dipercaya untuk memegang kekuasaan secara jujur. Wajar Jokowi kini menjadi tokoh yang diharapkan rakyat Indonesia untuk membuat suatu perubahan.
      Seiring berjalannya waktu, Jokowi yang kala itu merupakan Walikota Solo selalu mendapat sorotan. Sorotan ini merupakan sorotan yang positif, bukan hujatan maupun sindiran. Jokowi mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Kepopuleran Jokowi dikalangan masyarakat pun tak dapat dihindari. Jokowi pun dicalonkan menjadi Gurbernur DKI Jakarta ditemani oleh Basuki Tjahya Purnama (Ahok) sebagai wakilnya. Jokowi yang sedang naik daun itupun dengan mulusnya mampu menduduki suara terbanyak dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta saat itu. Walaupun Jokowi telah terpilih menjadi Gurbernur DKI Jakarta, masih banyak oknum yang tidak percaya bahwa Jokowi mampu mengatasi masalah yang ada pada Jakarta. Alasannya sederhana, karena Jakarta berbeda dengan Solo. Tetapi Jokowi tidak banyak bicara tentang komentar oknum-oknum ini. Jokowi langsung membuktikannya dengan kerja nyata. Semenjak Jokowi menjadi Gurbernur Jakarta, banyak perubahan Jakrta yang ia buat dibawah kepemimpinannya. Menakjubkan, semua itu berubah dengan cepat. Siapa yang tidak heran melihat perubahan di Jakarta Utara yang awalnya sering tergenang oleh banjir? Jokowi sukses memperbaiki sistem bendungan di Jakarta Utara ini yang awalnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena bendungan ini dipenuhi oleh tumpukan sampah dan dipinggiran bendungan ini dibangun rumah-rumah untuk warga. Jokowi mampu memberikan solusi dengan memindahkan para penduduk ke rumah susun Marunda. Alhasil, dalam 3 bulan daerah ini sudah bebas dari banjir.
      Saya sangat setuju bahwa memang Jokowi kini menjadi teladan pemimpin di Indonesia. Semakin banyak Indonesia memiliki tokoh fenomenal seperti Jokowi, semakin baik bagi masa depan bangsa. Sebab kelak, ketika Indonesia harus mencari dan memilih pemimpin, tidak akan ada kesulitan. Indonesia bisa memilih pemimpin yang terbaik di antara yang terbaik. Bukan yang terbaik di antara yang terburuk. Indonesia perlu stok pemimpin yang kreatif dan dicintai rakyat seperti Jokowi. Semoga saja terpilihnya Jokowi sebagai Presiden RI periode 2014-2019 ini mampu membuat Indonesia menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Saya percaya, ini bisa diwujudkan dengan dukungan seluruh rakyat Indonesia juga. Ayo, satukan semangat persatuan kita, persatuan Indonesia! Dan semoga saja ada banyak Jokowi-Jokowi muda lahir diberbagai daerah di Indonesia sehingga mampu membuat Indonesia lebih baik di tahun-tahun berikutnya. Amin.


Jokowi cerminan pemimpin masa kini

You May Also Like

0 komentar